Headlines News :
Home » » Tata Ruang dan Tata Lahan

Tata Ruang dan Tata Lahan

Written By udhernetwork dotnet on Kamis, 18 April 2013 | 01.10

2.1 Tata Ruang



Kota Tua Jakarta atau yang akrab disebut Kota Tua adalah sebuah wilayah kecil di Jakarta yang memiliki luas 1,3 kilometer persegi yang melintasi Jakarta Utara dan Jakarta Barat, mencakup daerah Pinangsia, Taman Sari dan Roa Malaka.Kota Tua Jakarta merupakan sebuah kawasan yang masih lekat dengan unsur sejarah dan budaya baik itu Belanda maupun Cina. Wilayah Kota Tua ini telah resmi dijadkan sebagai situs warisan oleh Gubernur Jakarta Ali Sadikin pada tahun 1972. Peresmian Kota Tua sebagai situs budaya ini untuk menjaga arsitektur yang berada di dalam wilayah Kota Tua. Arsitektur bangunan yang berada di kawasan ini memang sangat melegenda dan kental dengan nuansa Belanda. Beberapa bangunan yang ada pada kawasan Kota Tua antara lain:

1.    Museum Fatahilah
Arsitektur bangunannya dari abad ke-17 bergaya barok klasik, memiliki 3 lantai dengani kusen pintu dan jendela yang terbuat dari kayu jati berwarna hijau tua. Bagian atap utama gedungnya memiliki penunjuk arah mata angin. Di hadapan gedungnya ada pekarangan dengan susunan konblok dan sebuah kolam.




































Bangunan ini untuk setiap masa didesain dengan bentuk dasar kotak solid yang ditranformasi seolah mengalami rotasi. Bentuk ini dicapai menggunakan dinding miring yang juga berfungsi sebagai pembentuk proporsi masa bangunan.
Pada bangunan museum ini terdapat 3 masa bangunan yaitu banguanan penerima, banguanan gallery, dan bangunan pengelola. Setiap bangunan memiliki jumlah lantai yang berbeda. Bangunan penerima memiliki 2 lantai, banguanan galeri 3 lantai, bangunan pengelola memiliki lantai semi basement lantai 1. bangunan berbentuk asimetris, memiliki atap datar, banyak permainan gari-garis horizontal. Setiap masa didesain dengan bentuk dasar kotak solid yang ditranformasi seolah mengalami rotasi. Bangunan ini dicapai dengan penggunaan dinding miring yang juga berfungsi sebagai pembentuk proporsi masa bangunan.
Selain itu gubahan masa dan tata letak juga akan mempengaruhi, dengan demikian muncul  bukaan kecil pada tempat yang tidak umum untuk mewadahi aspek tematis, dan terdapat juga bukaan besar yang akan menggabungkan anatar ruang termasuk termasuk ruang dalam, ruang luar.



3.    Museum Taman Prasasti

Keberadaan Museum Taman Prasati di ruang terbuka memberikan peluang penataan koleksi prasasti dan taman menyatu dalam suatu taman museum yang indah. Untuk itu perlu penataan ulang taman dan koleksi (lama dan baru), pmbentukan zona, hiraki ruang, visual, pemilihan jenis tanaman, dan penambahan elemen taman lainya.
Pengunjung dapat mempelajari orang yang disebut pada nisan dan kaitanya dengan sejarah Kota Tua Jakarta. Untuk lebih mengenalkan keberadaan Museum Taman Prasasti kepada masyarakat umum, belakangan ini Museum Taman Prasasti sering digunakan sebagai lokasi syuting video clip dan foto-foto kenangan maupun kegiatan – kegiatan lomba.



4.    Museum Wayang

Museum wayang menyimpan berbagai koleksi wayang dari seluruh Indonesia. Koleksi-koleksi tersebut terdiri atas wayang kulit, wayang golek, wayang kardus, wayang rumput, wayang janur, topeng, boneka, wayang beber dan gamelan. Umumnya boneka yang dikoleksi di museum ini adalah boneka-boneka yang berasal dari Eropa meskipun ada juga yang berasal dari beberapa negara non-Eropa seperti Thailand, Suriname, Tiongkok, Vietnam, India dan Kolombia.




D.2.2 Tata Bangunan

Tata Bangunan Di Kawasan Museum Fatahilah pada umumnya berorientasi secara berkelompok, hal ini merupakn bagian dari pusat pemerintahan pada zaman kolonial Belanda.
Wilayah-wilayah tersebut terbagi dan ditandai dengan beragam bangunan penunjang yang membantu sistem kerja dilokasi kawasan museum. Bangunan di sekitar kawasan berarsitektur klasik yang kental dengan unsur-unsur budaya barat. Area kawasan museum sangat strategis yang berada di tengah kota, sehingga sangat mudah untuk dikunjungi oleh pengunjung.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Arsitektur Universitas Lampung | udherdhoank | Poetra_sesano | Suwan_Onek
Copyright © 2013. Arsitektur Unila
Template Created by Creating Website Published by Arsitektur Unila
Proudly powered by Blogger