Headlines News :
Home » » Latar Belakang Dan Fungsi Bangunan

Latar Belakang Dan Fungsi Bangunan

Written By Unknown on Kamis, 18 April 2013 | 09.05

1.1    Latar Belakang

Awal mula berdirinya Museum ini, belum berbentuk museum melainkan sebagai balai kota, bahkan di tempat ini dahulu dijadikan sebagai tempat pemasungan dan penyiksaan para pejuang kita. Yang dapat membuat bulu kuduk kita merinding. Pembunuhan dan penyiksaan yang keji yang dilakukan oleh para penjajah masih dapat kita lihat baik itu tempat penyiksaan dan juga ruang kerja pada saat bangunan itu masih berfungsi sebagai balai kota. Sejarah serta tempat yang masih mencerminkan kota pada saat tempo dulu membuat kita seolah berada beberapa puluh tahun kebelakang. Sekarang museum ini telah menjadi suatu sarana yang mengagumkan karena tidak hanya dapat dijadikan sebagai museum tetapi banyak juga para pengunjung berfoto disekeliling bangunan museum tersebut, bahkan tidak jarang kita menyaksikan para calon pengantin yang berfoto di wilayah sekitar museum tersebut.
Bahkan saat ini kita dapat menyaksikan Museum Fatahilla pada malam hari, hal ini membuat semakin menariknya untuk kita kunjungi. Bahkan pada saat malam hari kita dapat melihat Museum Fatahilla yang berbeda karena penuh diterangi dengan lampu malam yang menawan.
Arsitektur bangunannya dari abad ke-17 bergaya barok klasik, memiliki 3 lantai dengani kusen pintu dan jendela yang terbuat dari kayu jati berwarna hijau tua. Bagian atap utama gedungnya memiliki penunjuk arah mata angin. Di hadapan gedungnya ada pekarangan dengan susunan konblok dan sebuah kolam.

1.2    Fungsi kawasan
Di Area Terbuka pengunjung dapat menyaksikan bangunan – bangunan tua yang terdiri dari Museum Faatahilah, Museum Wayang, Kantor Post, Museum Seni Rupa dan Keramik. Pada musium Fatahilah Juga menyediakan perpustakaan yang menyediakan berbagai macam buku klasik tempo doelo dan juga  barang-barang souvenir. 
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Arsitektur Universitas Lampung | udherdhoank | Poetra_sesano | Suwan_Onek
Copyright © 2013. Arsitektur Unila
Template Created by Creating Website Published by Arsitektur Unila
Proudly powered by Blogger