Headlines News :
Home » » 2.5 Tampilan Bangunan

2.5 Tampilan Bangunan

Written By Suwan Onek on Kamis, 18 April 2013 | 09.47

1. Fasade
Masjid ini memiliki 6 minaret berbentuk segi enam yang tingginya masing-masing 40 meter. 6 minaret ini dibalut granit abu-abu dari itali dengan ornamen yang melingkar. Pada puncak minaret terdapat kubah berlapis mozaik emas 24 karat.
Kubah masjid mengacu kubah yang digunakan masjid-masjid Persia dan India. Kubah tersebut memiliki diameter bawah 16 meter,diameter tengah 20 meter dan tinggi 25 meter. Sementara 4 kubah kecil memiliki diameter bawah 6 meter,diameter tengah 7 meter,dan tinggi 8 meter. Lima kubah melambangkan rukun Islam, seluruhnya dibalut mozaik berlapis emas 24 karat yang materialnya diimpor dari Italia.
Bentuk bangunan terlihat masif dan perancangannya lebih mengutamakan space untuk ruang dalam yang luas(memaksimalkan lahan untuk lahan terbuka). Untuk memberikan efek modern dan asimetris pada fasad diberikan bentukan-bentukan yang unik dengan menggunakan material yang bervariasi baik warna dan material.



2.  Gaya Arsitektur
Arsitektur masjid mengikuti tipologi arsitektur masjid di Timur Tengah dengan ciri kubah, minaret (menara), halaman dalam (plaza), dan penggunaan detail atau hiasan dekoratif dengan elemen geometris dan obelisk, untuk memperkuat ciri keislaman para arsitekturnya. Ciri lainnya adalah gerbang masuk berupa portal dan hiasan geometris serta obelisk sebagai ornamen


Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Arsitektur Universitas Lampung | udherdhoank | Poetra_sesano | Suwan_Onek
Copyright © 2013. Arsitektur Unila
Template Created by Creating Website Published by Arsitektur Unila
Proudly powered by Blogger