Headlines News :
Home » » 2.3 Struktur

2.3 Struktur

Written By Unknown on Kamis, 18 April 2013 | 00.36

1.    Pola struktur
Polastrukturpada Museum Bank Indonesia sebagaibangunanbergayaarsitekturneoklasik Eropa menggunakan pola struktur  grid.Sebagaibangunanbergayaklasikpolastruktur grid lebihmendominasiterlihatdaribentangankolomtiangpenyangga yang tersusundanmengelilingibangunan.

2.    Sistem struktur
Sistemstruktur Museum Bank Indonesia menggunakan struktur rangka pada kolom  dan bearing wall pada dinding yang digunakan sebagai struktur utama. Pada lantai satu pola struktur mengunakan (rigid frame) dimana kolom yang menjadi penopang kekuatan dari bangunan.


3.    Finishing / penyelesaian
Finishing pada ruang lobby, pada bagian atapdibuat melengkung keatas bangunan dengan  beberapa balok lengkung yang juga diteruskan oleh kolom kemudian kedalam pondasi. Seperti ini disebut juga dengan  bentuk struktur dome  yang juga biasa di gunakan sebagai struktur sebuah jembatan yang membutuhkan bentangan yang panjang. Untuk finishing bagian kolom  mengunakan lapisan granit dengandominasiberwarna hijau.Bentukan Atap pada ruang lobby yang melengkung ke atas bangunandan penyelesaian pada kolom dilapisi dengan batu-batu granithijau.


Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Arsitektur Universitas Lampung | udherdhoank | Poetra_sesano | Suwan_Onek
Copyright © 2013. Arsitektur Unila
Template Created by Creating Website Published by Arsitektur Unila
Proudly powered by Blogger