Headlines News :
Home » » 2.2 In Door

2.2 In Door

Written By Suwan Onek on Kamis, 18 April 2013 | 11.02

1.    Akses Pencapaian
Akses untuk masuk ke dalam bangunam adalah menyebar, karena ada beberapa pintu masuk. Untuk jamaah pria terdapat 2 pintu masuk yaitu bagian Utara dan Selatan sedangkan di bagian timur terdapat pintu masuk untuk jamaah wanita.



2.    Organisasi Ruang
Organisasi ruang pada bangunan ini adalah organisasi ruang terpusat dimana semua kegiatan terpusat di ruang sholat sedangkan pola ruang pada masjid kubah emas adalah radial, spiral karena hampir dalam setiap interaksi akan berakhir di dalam atau di sekeliling ruang utama atau pusat.



3.    Kualitas Ruang
•    Interior
Interior ruang masjid didominasi warna monokrom dengan unsur utama warna krem, untuk memberi karakter ruang yang tenang dan hangat. Materialnya terbuat dari bahan marmer yang diimpor dari Turki dan Italia. Di tengah ruang, tergantung lampu yang terbuat dari kuningan berlapis emas seberat 2,7 ton, yang dikerjakan oleh ahli dari Italia.



•    Kapasitas ruang
Ruang utama masjid menampilkan pilar-pilar kokoh yang tinggi menjulang untuk menciptakan skala ruang yang agung dan memiliki ukuran 45×57 meter, dengan dimensi tersebut kapasitas ruang sangat maksimal dan dapat menampung sebanyak 8.000 jamaah



•    Pencahayaan
Untuk pencahayaan di masjid kubah emas terdapat pencahayaan alami di sekeliling bangunan, serta pencahayaan buatan yaitu lampu, Neon dan skylight yang terpasang secara downlight, juga lampu kristal sebagai center point.



•    Penghawaan
Untuk penghawaan pada masjid kubah emas terdapat penghawaan alami yang terdapat di fentilasi sekeliling bangunan, dan juga terdapat penghawaan buatan seperti AC dan Kipas angin.

4.    Kelompok ruang
Kelompok ruang pada masjid kubah mas terdeiri dari :
bangunan utama, mezamin, halaman dalam, selasar atas, selasar luar, ruang sepatu, dan ruang wudhu dan semua kelompok ruang di atas  memiliki fungsi masing – masing ruang, yang meliputi kegiatan beribadah, yanhg salin berkaitan.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Arsitektur Universitas Lampung | udherdhoank | Poetra_sesano | Suwan_Onek
Copyright © 2013. Arsitektur Unila
Template Created by Creating Website Published by Arsitektur Unila
Proudly powered by Blogger